CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 24 September 2013

Eclair




Dalam bahasa Prancis, eclair berarti kilatan cahaya. Kuenya sendiri jauh banget dari hal-hal yang berhungan dengan kilatan cahaya :D Nama dan ciri kue ini emang ga nyambung. Jadi ga usah dibahas ya?!

Eclair klasik, bahan dan cara membuatnya sama persis dengan kue sus (choux pastry). Hanya berbeda bentuk, lebih lonjong dan diberitopping coklat. Sekarang filling dan topping-nya sudah lebih bervariasi. Semakin menggoda selera deh.


Bahan kulit :
200 ml air
125 gr margarin / butter
150 gr terigu
4 butir telur ukuran sedang (kalo ukuran besar cukup 3 butir)

Filling (cream vla) :
350 gr susu cair
100 gr gula pasir
1 sdt vanili bubuk
50 gr tepung maizena
2 kuning telur, dikocok lepas
1 sdm munjung margarin / butter

Topping : 50 gr Dark cooking chocolate + 1 sdm margarin ditim sampai leleh.

Cara membuat kulit :
1. Panaskan air dan margarin sampai semua margarin cair. Kecilkan api, tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat. Aduk sampai tidak lengket. Angkat lalu dinginkan.
2. Setelah dingin, masukkan telur dan kocok sampai tercampur rata.
3. Panaskan oven pada suhu 180 derajat C selama 15-20 menit. Sementara itu siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis-tipis.
4. Masukkan adonan kulit ke dalam piping bag (plastik segitiga), gunakan spuit bentuk polos yang berukuran besar. Semprotkan adonan di loyang, kurleb sepanjang jari telunjuk. Beri jarak satu dengan lainnya. Atau bila tidak ada piping bag, bentuk adonan dengan bantuan 2 buah sendok makan. Lakukan hingga semua adonan habis.
5. Panggang selama 45 menit atau sampai buihnya hilang. Dinginkan.

Cara membuat filling :
1. Panaskan susu, gula dan vanili sampai muncul gelembung di pinggiran panci.
2. Masukkan tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata sampai sampai bergelembung lagi. Kecilkan api.
3. Ambil 3-4 sendok sayur susu hangat tersebut, campurkan dengan kuning telur. Aduk rata, lalu masukkan ke panci susu. Aduk cepat sampai meletup-letup, matikan api dan angkat.
4. Tambahkan margarin / butter, aduk rata. Biarkan dingin dan memadat.

Penyelesaian :
Ambil kulit eclair, gunting salah satu sisinya. Masukkan filling secukupnya. Lalu celupkan bagian atas kulitnya ke dalam coklat leleh. Biarkan hingga coklatnya mengering. Siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar