CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 09 April 2013


Misteri Son Doong, Goa Terbesar di Dunia

“Penduduk takut mendekati goa itu, apalagi masuk di dalamnya. Karena dari dalam goa muncul suara-suara aneh, seperti siulan yang membuat bulu kuduk merinding”

Kepercayaan pada hal-hal gaib terkadang menjadi penghalang penemuan besar yang telah ada di depan mata. Itulah yang terjadi pada masyarakat sekitar Phong Nha Ke Bang National Park, Provinsi Quang Binh, Vietnam.
Mereka tidak berani menjejakkan kaki ke Goa Son Doong karena dari sana kerap terdengar suara-suara aneh. Penduduk mengganggap goa itu angker. Mereka tak sadar kalau Son Doong Cave menyimpan suatu yang berharga bagi ilmu pengetahuan.
Sampai akhirnya tahun lalu, sekelompok ilmuwan Inggris mengungkap "harta terpendam" Vientam. Para peneliti mendatangi Son Doong Cave untuk observasi. Betapa terkejutnya mereka, ternyata goa itu maha luas. Goa ini ternyata lima kali lebih luas dari goa terbesar di Vietnam, Phong Nha, bahkan setelah diukur, luasnya jauh lebih besar dari goa terbesar di dunia, Deer di Malaysia.
Wowww!! Panjang ruang terbesar di Son Doong mencapai 5 km, tinggi 200 meter dan leba5 150 meter. Dengan pengukuran ini, maka otomatis Son Dong merupakan gua terbesar di dunia, mengalahkan Deer Cave, yang sebelumnya memegang rekor goa terbesar di dunia. Panjang Deer Cave hanya 2 km, tinggi 100 meter dan lebar 90 meter.
Sebenarnya para ilmuwan Inggris ini bukanlah yang pertama menemukan goa raksasa itu. Adalah penduduk setempat yakni, Hồ-Khanh yang menemukannya pada 1991. Dia telah memberi tahu soal penemuan itu, tapi tidak ada yang berani datang ke sana karena siulan-siulan aneh yang muncul dari dalam.
Tapi tim peneliti Inggris dari British Cave Research Association itu, berhasil menguak suara-suara aneh yang selama ini ditakuti penduduk. Menurut mereka siulan aneh itu berasal dari angin juga sungai bawah tanah yang airnya sangat deras sehingga menggemakan suara-suara aneh itu.
Son Doong Cave persisnya terletak di Phong Nha-Ke Bang National Park, Bo Trach Kabupaten, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Lokasinya dekat perbatasan Laos-Vietnam. Untuk mencapai goa, menurut Limbrit Howard, pemimpin ekspedisi itu, sangat sulit.
Dari HCM City Highway, mereka harus berjalan selama enam jam, lalu melewati hutan kira-kira 8-10km. Survei di dalam goa ini belum sepenuhnya selesai, karena bisa jadi panjangnya lebih dari 5 km seperti yang diukur sementara ini. Ada bagian yang belum berhasil ditembus tim peneliti ini. Jadi mereka akan kembali untuk melengkapi survey.
Setelah penemuan spektakuler itu, tim ekspedisi Inggris ini, mulai meneliti sekitar pegunungan barat provinsi Quang Binh, ternyata hasilnya luar biasa. Dalam satu bulan eksedisi merea, ditemukan 20 goa lagi dengan demikian di Phong Nha –Ke Bang National Park, terdapat 150 goa.Hasil yang luar biasa dan ini sudah dilaporkan pada pemerintah setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar