CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 10 November 2013

Fakta Unik Mengapa Gajah Takut Terhadap Semut

Percaya gak kamu klo gajah yg bertubuh besar takut dengan semut.? Iya Faktanya memang berkata demikian , jadi yaaa percaya nggak percaya.

Menurut cerita versi kartun Disney, gajah takut tikus karena hewan pengerat itu meneror hati sang gajah.
Namun, sebenarnya musuh utama gajah lebih kecil dari tikus, yakni semut.
Gajah ternyata sangat ngeri dengan semut hehe
Berdasar kisah di savana Afrika, semut berhasil menakuti gajah dengan memasuki belalai mereka yang sensisitif. Ini berawal dari temuan berupa koloni semut pengawal yang menduduki tanaman guna mencegah terinjak oleh gajah.

Dr Todd Palmer, Kepala Pusat Riset Mpala, Kenya dan Universitas Florida cerita gajah dan semut ibarat legenda Daud dan Goliath. Menurut dia,semut berhasil menakuti gajah dengan menduduki pohon.

Berkat itu pula, semut turut mempengaruhi ekosistem dimana mereka tinggal."Koloni semut memiliki berat masing-masing 5 mg.
Dengan berat koloni seperti itu membuat pohon terlindungi dari binatang berukuran satu milyar lebih berat. "Ini merupakan salah satu contoh bagaiaman hal-hal kecil mempengaruhi dunia. Bersatu coy, semutkan maen keroyokan haha.

Ketakutan gajah dengan tikus telah lama menjadi kisah utama serial Dumbo, kartun klasik Disney era 1940-an. Seiring sejalan,para pakar mempertanyakan kebenaran ketakutan gajah terhadap tikus.
Sedangkan cerita ketakutan gajah dan semut berawal dari riset yang dilakukan Palmer dan koleganya ketika keduanya melihat beberapa ekor gajah berlari menghindari pohon Akasia. Ketakutan gajah yang disaksikan Palmer saat itu ibarat anak-anak yang lari ketika disodori sayuran hijau brokoli.

Dr Todd Palmer mengatakan gajah tidak menyukai gerombolan semut masuk ke dalam belalainya.
Perlu anda tahu, belalai gajah merupakan organ yang luar biasa.Namun, gajah tak berani menggunakan belalainya untuk menghancurkan koloni semut , katanya.

Berangkat dari temuan itu, Palmer menyimpulkan koloni semut telah membantu mencegah penggundulan hutan dan melindungi tanaman langka di Afrika. "Masalah utama hutan di Afrika Timur adalah perusakan yang dilakukan gajah, Karena itu pula gajah banyak diburu dan dibunuh," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar